Pendekatan Kuantitatif
Pendekatan
kuantitatif ditandai dengan berkembangnya tim penelitian operasi dalam
pemecahan masalah-masalah industri. Pendekatan ini didasari oleh kesuksesan tim
penelitian operasi Inggris pada PD II. Teknik-teknik penelitian operasi ini
semakin berkembang sejalan dengan kemajuan komputer, transportasi dan
komunikasi. Teknik-teknik penelitian operasi selanjutnya disebut sebagai
pendekatan manajemen ilmiah.
Pendekatan
manajemen ilmiah dipakai dalam banyak kegiatan seperti penganggaran modal,
manajemen produksi, penjadwalan, pengembangan strategi produk, pengembangan SDM
dan perencanaan program
Langkah-langkah
manajemen ilmiah yaitu:
1) perumusan masalah
2) penyusunan suatu model matematis
3) penyelesaian model
4) pengujian model
5) penetapan pengawasan atas hasil
6) pelaksanaan (implementas
Defenisi
sistem begitu banyak dikemukakan oleh ahli. Menurut Shore & Voich (1974)
sistem ialah suatu keseluruhan yang terdiri dari sejumlah bagian-bagian.
Menurut Gerald, et al. (1981) sistem ialah tata cara kerja yang saling
berkaitan, dan bekerja sama membentuk suatu aktivitas atau mencapai suatu
tujuan tertentu. Sistem dapat dipandang sebagai suatu hal yang tertutup atau
terbuka. Sistem tertutup adalah sistem yang tidak dipengaruhi dan mempengaruhi
lingkungannya, sedangkan sistem terbuka ialah sistem yang dipengaruhi oleh
lingkungannya.
Bentuk umum
suatu sistem terdiri atas input, proses, output dan umpan balik. Umpan balik
ialah hasil output untuk untuk memperbaiki input yang akan datang. Keempat
unsur tersebut berada dalam suatu organisasi. Sebagai organisasi dengan sistem
terbuka, maka organisasi dipengaruhi dan mempengaruhi lingkungan luarnya.
Pendekatan sistem meliputi penerapan konsep-konsep yang cocok dari teori sistem
untuk mempermudah pemahaman tentang teori organisasi dan praktik manajerial
Peningkatan
mutu pendidikan dengan pendekatan sistem berarti mulai dari input, proses,
output sampai kepada outcome pendidikan. Dalam praktiknya, peningkatan mutu
pendidikan selama ini belum menggunakan pendekatan sistem. Peningkatan mutu
cenderung berpikir output oriented. Mutu pendidikan hanya dinilai dari output
pendidikan seperti hasil belajar dan ujian nasional. Padahal, dengan berpikir
sebagai suatu sistem, mutu pendidikan tidak hanya ditentukan oleh nilai ujian
nasional tetapi juga mutu input dan mutu prosesnya di dalam kelas.
Tidak banyak
textbook metode penelitian yang secara tegas memposisikan dirinya bersosok
kuantitatif atau kualitatif. Sebaliknya jamak beredar adalah buku-buku
“bergenre” metode penelitian dengan judul yang terkesan isinya mencakup kedua
pendekatan penelitian tersebut dan menyajikannya secara “adil”! Misalnya,
“Metode Riset Bisnis”, “Pengantar Metode Penelitian”, “Metode Penelitian
Sosial”, Riset Pemasaran, dll. Sebagian besar buku-buku tersebut sebenarnya
adalah buku penelitian beraliran kuantitatif sejati karena tak sepotong pun
kata kualitatif tersurat di dalamnya. Ada yang menyelipkan bahasan tentang
penelitian kualitatif, namun hanya sepot-sepot alias sepotong-sepotong,
rata-rata tidak lebih 1% dari porsi halaman untuk bahasan penelitian
kualititatif.
Sampai suatu
ketika saya menemukan buku berjudul “Metode Penelitian Kuantitatif: Teori dan
Aplikasi” karya Bambang Prasetyo dan Lina Miftahul Jannah, diterbitkan oleh
Rajawali Pers, cetakan pertama tahun 2005, ber-ISBN 979-769-008-3. Saya sangat
mengapresiasi “ketegasan” para penulisnya yang secara jujur menjuduli bukunya
sebagai “Metode Penelitian Kuantitatif”. It’s all about quantitative method!
Pembaca tidak akan “tertipu” karena buku ini memang fokus membahas metode
penelitian kuantitatif. Ada bahasan tentang kualitatif namun hanya sebagai
pengantar yang memaparkan perbedaannya dengan penelitian kuantitatif dan
bagaimana memadu-padan kedua penelitan tersebut.
Selain
“kejujuran” para penulisnya, keunggulan lain buku ini adalah berlimpahnya
contoh-contoh sederhana mengenai konsep yang sedang dibahas, tak rumit dan
begitu mudah dimengerti. Buku ini mengambil contoh kasus dari hasil penelitian
seorang mahasiswi FISIP UI, sehingga pembaca seolah-olah dituntun dan diajak
terlibat dalam pengalaman si mahasiswi dalam menyusun skripsinya, mulai dari
merumuskan masalah, membuat disain penelitian, mengumpulkan data, menganalisis,
hingga menyusun laporan penelitian. Utuh, komprehensif, dan holistik.
Pada bagian
akhir buku ini (bab 10), disajikan sejumlah kasus yang dapat mempertajam
pemahaman pembaca terhadap metode penelitian kuantitatif. Bentuknya seperti
kuis. Pembaca disarankan untuk mencoba menjawab tanpa melihat kunci jawaban
yang juga tersedia. Saya sangat menyarankan buku ini untuk mereka yang berniat
mendalami metode penelitian khususnya kuantitatif, dan para mahasiswa yang
sedang mempersiapkan skripsinya. Dijamin tidak menyesal, Anda akan dituntun
menjadi seorang peneliti kuantitatif yang handal dengan dasar konseptual yang
kokoh.
Sumber : http://researchexpert.wordpress.com/2008/04/21/metode-penelitian-kuantitatif-teori-dan-aplikasi/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar