Pengambilan Keputusan Dalam Organisasi
Pengambilan keputusan aritnya
menentukan jalan keluar dari berbagi masalah dan mendaptkan jalan alternatif
yang dapat diterima oleh para anggotanya. Pengambilan keputusan sangat
berpengaruh besar dari orang-orang yang ikut serta di dalamnya, pengambilan keputusan
ada level manajementnya, yakni :
· Keputusan Strategis
Yaitu keputusan yang dibuat oleh
manajemen puncak dari suatu organisasi.
· Keputusan Taktis
Keputusan yang diambil oleh
manajement menengah.
· Keputusan Operasional
Keputusan yang dibuat oleh
manajemen bawah.
Dan dari presentasi dijelaskan
pula bahwa ada 4 metode proses pengambilan keputusan dalam organisasi, yaitu :
1. Authority rule without discussion.
(kewenangan tanpa diskusi)
Pada pengambilan keputusan ini tidaklah
tanpa diskusi lagi dengan para anggotanya, namun seorang pemimpin mengambil
jalan keluarnya sendiri.
2. Expert Opinion. (pendapat ahli)
Metode ini akan bekerja dengan
baik, apabila seorang anggota yang dianggap ahli memang benar-benar tidak diragukan
lagi kemampuannya dalam hal tertentu oleh anggota organisasi itu.
3. Authority Rule After Discussion.
(Kewenangan setelah diskusi)
Metode ini akan meningkatkan
kualitas dan tanggung jawab para anggotanya,maksudnya pendapat dari anggota
sangat diperhatikan dalam proses pembuatan keputusan, namun perilaku pemimpin
dan kelompok masih berpengaruh.
4. Consensus. (Kesepekatan)
Partisipasi penuh dari seluruh
anggota akan dapat meningkatkan kualitas keputusan yang diambil, seperti
tanggung jawab para anggota dalam mendukung keputusan tersebut.
Daftar Pustaka :
-
http://wahid-bismania.blogspot.com/2011/11/pengambilan-keputusan-dalam-organisasi.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar