Kamis, 10 Mei 2012

Komunikasi


Hambatan Komunikasi
·         Bahasa
Bahasa yang digunakan kurang jelas, sehingga apa yang disampaikan oleh komunikator tidak bisa diterima dengan baik oleh komunikan yang menyebabkan terjadinya salah paham atau salah pengertian pada si penerima pesan.
·         Budaya
Komunikator sangat tidak dianjurkan mempunyai anggapan bahwa setiap komunikan mempunyai filosofi, gaya hidup dan adat istiadat yang sama. Hindari anggapan bahwa komunikan mempunyai pemikiran yang sama jika menyelesaikan suatu masalah. Jika terjadi miskomunikasi dengan komunikan bahkan sampai merasa tersinggung maka segeralah menganalisis mengapa komunikan beranggapan yang beda dengan apa yang komunikator sampaikan.
·         Tujuan yang jelas
Pertama komunikator memberikan pertanyaan-pertanyaan yang mendasar kepada komunikan, komunikator harus mempunyai tujuan yang jelas atas semua pertanyaan-pertanyaan yang akan dilontarkan. Jika komunikator memberikan pertanyaan yang tidak jelas maka antara komunikan dan komunikator harus bisa saling memainkan peran. Harus bisa memahami porsi-porsi komunikan dan komunikator, misalnya jika murid bertanya kepada gurunya, maka seorang guru harus bisa menjawab pertanyaan dari murid tanpa mengurangi pesan moral yang disampaikan.
·         Salah paham
Dalam komunikasi sering kali terjadi salah paham, interprestasi, asumsi, dan respon yang berbeda dalam penyelesaian masalah. Komunikator harus bisa dengan cekatan membaca situasi, agar komunikan bisa menerima apa yang komunikator sampaikan tanpa adanya salah paham.
·         Pengalaman
Komunikator harus mempunyai pengalaman yang luas dan menjadikan apa yang dialami menjadi pengalaman agar bisa lebih memahami posisi sebagai komunikator dan lebih mengerti karakter-karakter komunikan.
·         Menganggap enteng lawan bicara
Jika komunikator merasa dirinya lebih hebat dari komunikan maka secara tidak langsung komunikator telah merencanakan kegagalan dalam komunikasi. Komunikator harus bisa menjadi pribadi yang ramahtamah dan santun.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar