Kamis, 10 Mei 2012

Keegoisan

Egois Mutlak


Jika satu keinginan tidak bisa terpenuhi, kesabaranlah yang datang...
Ketika keinginan kedua muncul, kesabaran ditambah dengan rasa kesal lah yang menghampiri...
Ketika keinginan sudah menggebu dan belum dapat terwujud, kesabaran itu telah terkalahkan oleh rasa kesal dan muncul pula lah keegoisan...


keegoisan muncul bukan karena sifat pribadi seseorang, malainkan pada setiap manusia telah dikodratkan mempunyai sifat egois, tidak bisa manusia memungkiri bahwa apa yang telah dikodratkan oleh Sang Maha Pencipta melekat pada diri setiap orang karena keegoisan mutlak adanya. Dalam situasi atau kondisi tertentu dengan sendirinya keegoisan muncul terlebih disaat kondisi mendesak atau berada dalam suatu pilihan sulit.
Faktor yang menyebabkan munculnya keegoisan :
  • Dalam kondisi terdesak, terkadang seseorang bertindak ceroboh karena terburu-buru dalam mengambil keputusan, dengan mengambil keputusan sepihak tanpa adanya diskusi dengan pihak lain yang akhirnya dari pihak tersebut merasa dirugikan.
  • Derajat tinggi, seseorang yang mempunyai derajat atau kedudukan yang berkuasa dalam organisasi atau hal lainnya, sering sekali bertindak sesuka hati tanpa memikirkan perasaan, resiko atau keadaan orang lain. Bertindak sesuka hati yang terkesan angkuh.
  • Keras kepala, orang yang mempunyai sifat keras kepala jika memiliki keinginan atau kemauan biasanya akan terus berusaha sampai keinginannya tercapai bagaimanapun cara mesti harus merugikan orang lain, tidak perduli bagaimanapun kondisinya.
  • dan masih banyak lagi faktor-faktor yang menyebabkan keegoisan dalam kehidupan sehari-hari
Tidak ada manusia yang sempurna karena kesempurnaan hanya milik Allah SWT. Tapi manusia bisa menutupi kekurang tersebut dengan berbesar hati, sabar, saling menghargai, tidak sungkan untuk meminta maaf dan selalu bersyukur dengan apa yang kita miliki.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar